Milisi Syiah Houthi telah membuat daerah sekitar masjid sebagai gudang penyimpanan berbagai jenis senjata termasuk bahan peledak
Sebuah laporan resmi mengungkapkan 299 masjid telah dirusak di Yaman oleh milisi Syiah al Houthi (Hautsi) sejak kudeta yang dimulai awal tahun 2015 lalu.
Menurut kantor berita resmi SABA dikutip Alarabiya.net, laporan yang dikeluarkan program komunikasi yang diselenggarakan oleh ulama Yaman, menyatakan 29 masjid hancur total dibom oleh pemberontak Houthi karena mereka mengambil alih Yaman di beberapa provinsi. 46 Masjid disulap menjadi barak militer dengan bekas bintik-bintik penembak jitu.
Pemberontak Syiah Houthi Lontarkan Rudal ke Makkah dari Masjid di Yaman
146 buah masjid lagi telah dijadikan pusat pelatihan militer oleh pihak militan. Laporan itu juga menyebut Syiah Houthi telah membuat daerah sekitar masjid sebagai gudang penyimpanan berbagai jenis senjata termasuk bahan peledak.
Barang bantuan kemanusiaan yang disimpan di masjid-masjid yang seharusnya didistribusikan kepada masyarakat juga telah disita oleh Syiah Houthi dan digunakan untuk kebutuhan mereka.
Laporan juga mengatakan, ada peraraturan milisi Houthi-Iran bertujuan untuk menarget masjid, menunjukkan milisi Syiah Houthi membawa serta fotografer media Iran, Alam dan saluran TV milisi Syiah Hizbullah, al-Manar untuk menutupi meledakkan Darul Hadits Center di Sa’adah.
Perdana Menteri Yaman Tuduh Iran latih 6000 Pemberontak Syiah Houthi
Foto yang beredar pada situs jaringan sosial menunjukkan pemberontak al Houthi meletakkan puluhan gambar Badaruddin al-Houthi, seoran pemimpin spiritual Syiah, pada tiang-tiang Masjid terbesar di Kota Hajjah.
Laporan juga menambahkan pemberontak Houthi telah mengganti masjid menjadi depot persenjataan berat dan menengah, sebagian untuk menghisab shisha.*

Sumber : Majalah Hidayatullah Online
Share To: